"Terima Kasih Atas Kunjungannya Semoga Bermanfaat


Jumat, 04 Mei 2012

Notulen Ekonomika Makro (Pertumbuhan Ekonomi & Kebijakan Ekonomi )


Nama : Vivi Anggraini
Kelas : 2 KA 06
NPM : 18110402
Mata Kuliah : Teori Organisasi Umum 2#
Nama Dosen : Muhammad Yunanto
Notulen Ekonomika Makro (Pertumbuhan Ekonomi & Kebijakan Ekonomi )

Sifat rapat: Non Formal
Hari dan Tanggal: Senin, 23 April 2012
Rapat dilakukan di: Kampus E Gunadarma,  Jl. Akses UI Kelapa Dua
Rapat dimulai pada jam: 11.00 WIB
Acara Rapat: Membuat kesimpulan tentang pertumbuhan ekonomi & kebijakan ekonomi yang ada di bab Eknomika Makro

Makro ekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak rumah tangga , perusahaan, dan pasar. Ekonomi makro Indonesia saat ini jauh lebih kuat untuk menghadapi ancaman krisis ekonomi dibandingkan dengan kondisi ekonomi pada 1997.
Kebijakan makro ekonomi ditujukan untuk memperbaiki dan menjaga kestabilan perekonomian Negara. Namun, kebijakan yang diambil pemerintah tidak hanya sekadar mengejar target inflasi yang rendah guna memperbaiki kondisi keuangan negara. Seharusnya tidak demikian karena kebijakan ekonomi makro menyangkut pada banyak hal seperti bagaimana mendorong sektor riil, bagaimana memperbesar kesempatan kerja, bagaimana menjaga kestabilan nilai tukar rupiah (bukan penguatan nilai tukar) dan bagaimana menjaga keseimbangan perdagangan luar negeri  (ekspor dan impor). Makro ekonomi mencakup pada kegiatan yang luas dan tidak hanya dengan memperhatikan satu elemen saja. Jadi seharusnya keputusan yang dilakukan oleh pemerintah dan pihak-pihak yang terkait menganalisis terlebih dahulu dampak jangka panjang yang akan terjadi di masyarakat. Kebijakan-kebijakan makro ekonomi yang baik seharusnya memperkuat perekonomian Negara secara keseluruhan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun

Pagi itu melewati kota ini tak pernah terbayangkan sebelumnya, mobil bak yang saya dan kawan-kawan tumpangi lajunya diperlambat agar d...