"Terima Kasih Atas Kunjungannya Semoga Bermanfaat


Senin, 21 April 2014

Akuntansi Perpajakan

1.  Pendahuluan

      Di jaman modern ini, sudah disadari bahwa akuntansi merupakan alat yang efektif untuk membantu pimpinan perusahaan (management) dalam melaksanakan tugas sehari – hari. Untuk memimpin perusahaan dengan baik, manajer pada masing-masing tingkat membutuhkan informasi yang dapat dipercaya, berdasarkan mana mereka harus membuat keputusan, baik mengenai persoalan rutin di tingkat bawahan maupun mengenai persoalan-persoalan policy di tingkat atasan. Salah satu sumber penting (jika tidak boleh dikatakan yang terpenting) untuk mendapatkan informasi tersebut adalah laporan dan data yang dihasilkan dari proses akuntansi. Oleh karena itu akuntansi sering disebut sebagai tool of management. Laporan dan data akuntansi tentunya hanya dapat membantu manajemen kalau manajemen tahu bagaimana menggunakannya. Untuk dapat menggunakan laporan dan data akuntansi, seorang manajer tidak harus dapat menyiapkan dan menyajikannya sendiri. Tugas itu cukup diserahkan kepada akuntan. Yang penting bagi manajemen adalah mengetahui bagaimana menggunakan laporanlaporan dan analisis-analisis tersebut.


2.  Pengertian Akuntansi

      Akuntansi sebagai tool of management dapat diberikan definisi yang berbeda-beda tergantung dari sudut mana akuntansi itu dipandang. Secara umum akuntansi dapat didefinisikan sebagai berikut: Akuntansi adalah proses mencatat, menggolongkan, meringkas transaksi-transaksi yang dilaksananakan oleh suatu perusahaan dan melaporkan dalam bentuk laporan keuangan, serta menginterpretasikan laporan-laporan tersebut. Definisi di atas memandang akuntansi dari segi prosesnya, bahwa akuntansi merupakan proses mencatat, menggolongkan, meringkas, melaporkan, dan memberikan interpretasiatas laporan tersebut. Namun demikian, walaupun akuntansi berusaha untuk menghasilkan informasi mengenai perusahaan, tidak berarti akuntansi dapat memberikan segala macam informasi tentang perusahaan tersebut, melainkan hanya sebagian aspek yaitu informasi kuantitatip berupa angka-angka unit moneter yang dituangkan dalam bentuk laporan keuangan. Laporan keuangan biasanya digunakan sebagai media komunikasi untuk pertanggungjawaban dan pengambilan keputusan.

3.  Jenis Akuntansi

     Apabila ditinjau dari informasinya, akuntansi bisa dibagi menjadi dua jenis yaitu akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. 
  • Akuntansi Manajemen; yaitu akuntansi yang bertujuan menyajikan informasi untuk kepentingan pihak internal perusahaan (manajemen). Akuntansi ini lebih menekanka pada pemanfaatan data akuntansi untuk pengambilan keputusan (decision making) dan pengendalian operasi perusahaan secara keseluruhan meliputi fungsi produksi, pemasaran, personalia dan pendanaan atau pembelanjaan (financing). Dalam hal ini, akuntansi manajemen tidak membatasi diri pada informasi kuantitatif tetapi juga informasi kualitatif untuk kepentingan pengendalalian perusahaan secara keseluruhan.
  • Akuntansi Keuangan atau Akuntansi Umum; yaitu akuntansi yang bertujuan menyajikan informasi terutama untuk kepentingan pihak eksternal perusahaan (investor, kreditor, pemerintah). Akuntansi ini menekankan pada penghitungan hasil usaha perusahaan selama jangka waktu tertentu dan menentukan posisi keuangan perusahaan pada akhir perode akuntansi. Berbeda dengan akuntansi manajemen, dalam proses penyajian laporan keuangan, akuntansi keuangan harus mengikuti prinsip-prinsip dan ketentuan-ketentuan yang diatur dalam standar akuntansi keuangan.

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun

Pagi itu melewati kota ini tak pernah terbayangkan sebelumnya, mobil bak yang saya dan kawan-kawan tumpangi lajunya diperlambat agar d...