Pemasaran : proses
penciptaaan dan penyampaian barang dan jasa yang diinginkan pelanggan, meliputi
semua kegiatan yang berkaitan dengan menarik dan menpertahankan pelanggan
setia.
Suatu perencanaan
pemasaran harus mencapai 4 tujuan :
- Menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan melalui riset pasar
- Menetapkan pasar-pasar sasaran yang dilayani oleh perusahaan
- Menganalisa keunggulan bersaing perusahaan dan membangun strategi pemasaran di sekitarnya
- Membantu menciptakan bauran pemasaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.
1.
Menentukan kebutuhan dan
keinginan pelanggan melalui riset pasar
- Demografi : studi terhadap ciri-ciri penting populasi sepert umur, pendapatan, pendidikan, ras dll
- Riset pasar : sarana untuk mengumpulkan informasi yang menjadi dasar perencanaan pasar. Riset mencakup kegiatan sistematis dan mengumpulkan, menganalisa dan interpretasi data yang berkaitan dengan pasar, pelanggan dan pesaing perusahaan.
- Bagaimana melakuka riset pasar ?
a.
mendefinisikan masalah
-
membedakan antara gejala
dan masala. Contoh : penurunan penjualan adalah gejalan bukan masalah
-
untuk mencari inti masalah
harus membuat daftar-daftar penyebabnya, contoh :
Apakah ada pesaing baru ?
Apakah
perwakilan penjualan perusahaan tidak sopan ? dan tidak paham akan produk atau
jasa yang dijual ?
Apakah selera pelanggan berubah ?
b.
mengumpulkan data
-
mengumpulkan data dari
pelanggan perorangan lalu mengembangkan suatu program pemasaran yang dirancang
khusus untuk menarik kebutuhan, selera dan kesukaan mereka
-
agar kampanaye pemasaran
perorangan berhasil, pemilik bisnis mengumpulkan 3 jenis informasi :
-
Geografis : di mana
pelanggan berada ? apakah terpusat dalam geografis tertentu ?
-
Demografis : ciri-ciri
pelanggan (umur, jenis kelamin, pendidikan dll)
-
Psikografis : apa yang
mendorong perilaku membeli pelanggan ?
c.
menganalisa dan menafsirkan
data
d.
menarik kesimpulan dan
bertindak
2.
Menetapkan pasar-pasar
sasaran yang dilayani oleh perusahaan
-
Pasar sasaran : kelompok
pelanggan tertentu yang terhadapnya perusahaan mengarahkan barang atau jasanya.
-
Menyusun strategi pasar :
cara mengembangkan daya saing
-
Pemasaran hubungan
(relationship marketing) : yaitu proses pengembangan dan pemeliharaan hubungan
jangka panjang dengan pelanggan sehingga mereka tetap kembali berbelanja.
-
Untuk membuat pemasaran
hubungan, terdapat 4 tingkatan keterlibatan pelanggan Tingkat 1 : customer
awareness, menajer dan keryawan tidak banyak mengenal pelanggan dan
memandangn mereka secara umum.
Tingkat 2 : customer sensitifity,
karyawan mengenal ciri-ciri pelanggan mereka tapi mereka belum berbagi
informasi dengan mereka
Tingkat 3 : customer alignment,
manajer dan karyawan memahami peran sentral pelanggan dalam bisnis. Perusahaan
mencari umpan balik dari pelanggan dan kelompok fokus serta melakukan wawancara
dan kunjungan ke pelanggan.
Tingkat 4 : customer partnership,
perusahaan menyempurnakan layanan kepada pelanggan menjadi nagian dari budaya
perusahaan.
-
Untuk mencapai tingkat
kepuasan pelanggan yang tinggi, terdapat 6 sumber penting dalam mengembangkan
daya saing :
- fokus pada pelanggan
Bagaimana
perusahaan memusatkan perhatian kepada pelanggan ? terdapat 4 pertanyaan yang
digunakan ?
-
Apakah kami bertindak
dengan benar ?
-
Bagaimana kita dapat
berbuat lebih baik ?
-
Apakah kita berbuat salah ?
-
Apa yang dilakukan pada
masa datang ?
- kesetiaan pada mutu
Total Quality Management
(TQM) : adalah falsafah yang menghasilkan produk dan jasa
bermutu tinggi dalam tiap aspek perusahaan dan hubungannya dengan pelanggan dan
memusatkan perhatian pada perbaikan terus menerus dalam mutu yang diberikan
kepada pelanggan.
- perhatian pada kenyamanan
Pemilik
usaha meningkatkan tingkat kenyamanan bisnisnya dalam menjalankan ”Audit
Kenyamanan” untuk mendapatkan ”Indeks Kemudahan Berurusan dengan”. Contoh
pertanyaan yang diajukan :
-
Apakah perusahaan anda
mudah dijangkau ?
-
Apakah pelanggan meyukai
layanan penjemputan dan pengiriman ?
-
Apakah karyawan anda
terlatih melakukan transaksi dengan cepat ?
- kosentrasi pada inovasi
- dedikasi pada jasa dan kepuasan pelanggan
Yang
paling penting adalah pelayanan yang terintegrasi ke dalam sesuatu cara produk
itu dirancang dan disampaikan, ditagihkan dan dikemas, dijelaskan dna dipasang,
diperbaiki dan diperbaharui.
Bagaimana
perusahaan memenuhi kepuasan dan layanan pelanggan ?
1.
dengarkan pelanggan
2.
definisikan apa yang
dimaksud dengan layanan unggulan
Misal : pencetak buku cek mendefinisikan layanan unggulan ”48 jam kerja dan
tanpa cacat”
3.
tetapkan standar dan ukuran
hasilnya
Kepuasan konsumen harus menunjukan paling sedikit 3 parilaku :
-
kesetiaan (meningkatkan
pelanggan setia)
-
peningkatan pembelian
-
daya tahan terhadap usaha
pesaing yang membujuk pelanggan dengan harga
4.
pelajari daur layanan
perusahaan
Pelajari segala sesuatu yang dilakukan pelanggan untuk mendapatkan
produk/jasa perusahaan. Sasarannya melihat langkah-langkah yang tidak perlu
lalu menghilangkannya.
5.
pekerjakan karyawan yang
sesuai
6.
latih karyawan untuk
menyampaikan layanan unggulan
7.
pemberdayaan karyawan untuk
menyampikan layanan unggulan
Apakah karyawan memahami bahwa dia boleh atau tidak melakukan sesuatu hal.
Sasarannya untuk memaksakan pengambilan keputusan ke bawah dalam organisasi ke
para karyawan yang behubungan dengan pelangggan.
8.
menggunakan teknologi untuk
meningkatkan pelayanan
Untuk menggunakan teknologi secara efektif terdapat pertanyaan yang
diajukan :
-
Apa strategi utama layanan
kita ?
-
Hambatan apa yang
menghalangi strategi ?
-
Apa bila ada hambatan apa
yang dapat dilakukan teknologi untuk mengatasinya ?
-
Apa strategi kita untuk
mendorong pelanggan memanfaatkan teknologi baru ?
9.
imbalan bagi layana unggul
(untuk karyawan)
10. dapatkan dukungan para manajer
- mementigkan pada kecepatan
Manajemen
pemadatan waktu menyangkut 3 aspek :
-
mempercepat produk baru di
pasar
-
mempersingkat waktu tanggap
dalam pabrik dan penyaluran
-
mengurangi waktu
administrasi untuk memenuhi pesanan.
Pemasaran di World Wide Web
Kunci keberhasilan
dalam WWW adalah menjual produk/jasa yang tepat pada harga yang tepat pada
audiens sasaran yang sesuai. Tantangan wirausahawan di we :
- menarik pangguna web ke situs web nya
- mengubah pengguna web tersebut menjadi pelanggan yang membeli
Memilih Strategi Pemasaran
-
Strategi pemasaran adalah
penggabungan oleh wirausahawan terhadap penelitian pasar yang bermakna dengan
sesuatu rencana untuk mengembangkan daya saing dalam pasar sasaran tertentu
untuk menciptakan bauran pasar yang berhasil.
-
Strategi pemasaran dasar :
a.
strategi penetrasi pasar
usaha
meningkatkan penjualan produk dan pasar yang sekarang malalui peningkatan usaha
penjualan dan periklanan
b.
strategi pengembangan pasar
usaha
menigkatkan penjualan dengan memperkenalkan produk dan jasa yang sekarang
kepada pasar yang baru
c.
strategi pengembangan
produk
usaha
meningkatkan penjualan dengan jalan menambahkan barang dan jasa baru pada pasar
yang sekarang
d.
strategi segmentasi pasar
membagi
pasar massal menjadi segmen-segmen yang lebih kecil, homogen, lalu menyerang
satu atau lebih pasar sasaran itu dengan menerapkan “Strategi pemasaran
disesuaikan”
Bauran Pasar
Unsur utama dalam
strategi pasar : Produk (Product), Tempat (Place), Harga(Price) dan Promosi
(Promotion).
Produk
(Product)
Daur hidup produk :
ukuran tahapan-tahapan pengembangan , pertumbuhan dan penurunan dalam kehidupan
suatu produk.
1. tahap
perkenalan
produk
dan jasa harus masuk pasar dan bersaing dengan produk yang sudah ada
2. tahap
pertumbuhan
penjualan
meningkat dan laba mulai diperoleh
3. tahap
kamatangan dan persaingan
penjualan
mencapai puncak yang menunjukan bahwa di sini adalah saat memperkenalkan produk
generasi berikutnya
4. tahap
kejenuhan
penjualan dan
laba terus menurun
Tempat
(Place)
Segala kegiatan
pergerakan barang sampai ke pelanggan pembeli menghasilkan manfaat tempat (place utility). Manfaat tempat
dipengaruhi oleh saluran pemasaran dalam distribusi. Saluran distribusi
memerlukan perantaar yang menjalankan peran khusus. Perantara tersebut
memberikan manfaat waktu (time utility)
sehingga menjadikan produk tersedia ketika pelanggan ingin membeli dan manfaat
tempat sehingga produk tersedia di tempat pelanggan akan membeli.
Saluran distribusi
untuk barang konsumsi :
- pabrik ® pelanggan
misal
: dokter gigi, jasa potong rambut
- pabrik ® pengecer ® pelanggan
misal
: sepatu, pakaian, buku
- pabrik ® pedagang besar ® pengecer ® pelanggan
misal
: makanan kemasan, alat pertukangan, mainan
- pabrik ® pedagang besar ® pedagang besar ® pengecer ® pelanggan
misal
: barang pertanian, komponen listrik
Saluran distribusi
untuk barang industri :
- pabrik ® pemakai industri
- pabrik ® pedagang besar ® pemakai industri
misal
: penjepit kertas, penghapus
Harga(Price)
Harga yang benar untuk
produk/jasa bergantung pada :
- struktur biaya perusahaan
- perkiraaan hambatan pemasaran
- citra perusahaan yang diinginkan untuk memenuhi keinginan pelanggan
Promosi (Promotion)
- Periklanan
Mengkomunikasikan
manfaat barang/jasa pada calon pelanggan melalui media massa
- Penjualan secara pribadi
Seni
membujuk dalam penjualan dengan dasar tatp muka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar