"Terima Kasih Atas Kunjungannya Semoga Bermanfaat


Sabtu, 09 Oktober 2010

INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

1.PERTUMBUHAN INDIVIDU

A.Pengertian Individu

Individu berasal dari bahasa latin yaitu “individuum”artinya ialah yang tak terbagi.Jadi merupakan suatu sebutan yang dapat dipakai untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas.Dalam ilmu social,individu menekankan penyelidikan kepada kenyataan-kenyataanhidup yang istimewa yang tak seberapa mempengaruhi kehidupan manusia.

Idividu bukan berarti manusia sebagai suatu keseluruhan yang tak dapat dibagi, melainkan sebagai kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan.Dengan demikian sering disebut orang-seorang atau manusia perseorangan.

Dapat disimpulkan bahwa individu adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas di dalam lingkungan sosialnya, melainkan mempunyai kepribadian serat pola tingkah laku spesifik dirinya.

Individu dalam bertingkah laku menurut pola pribadinya ada tiga kemungkinan: menyimpang dari norma kolektif,kehilangan individualitas,dan mempengaruhi masyarakat seperti adanya tokoh pahlawan atau pengacau.

B. Pegertian Pertumbuhan

Pertumbuhan adalah suatu perubahan yang menuju ke arah yang lebih maju dan lebih dewasa.

Dalam proses diferensiasi yang pokok adalah keseluruhan sedangkan bagian-bagian hanya mempunyai arti sabagai bagian dari keseluruhan dalam hubungan fungsional denagn bagian-bagian yang lain.Jadi dari pendapat aliran psikologi Gestalt ini dapat di simpulkan bahwa pertumbuhan itu adalah proses perubahan secara perlahan-lahan pada manusia dalam mengenal suatu yang semula mengenal sesuatu secara keseluruahan baru kemudian mengenal bagian-bagian dari lingkungan yang ada.


    1. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan

Dalam membahas pertumbuhan itu ada bermacam-macam aliran,namun pada garis besarnya dapat digolongkan ke dalam empat golongan,yaitu:

1.      Pendirian Nativistik
Menurut para ahli dari golongan ini berpendapat bahwa pertumbuhan individu itu semata-mata ditentukan oleh factor-faktor yang dibawa sejak lahir.

Para ahli dari golongan ini menunjukkan kemiripan antara orang tua dengan anaknya.Misalnya seorang ayah memiliki keahlian dibidang seni lukis maka kemungkinan besar anaknya juga menjadi seorang pelukis,tetapi hal ini akan menimbulkan keraguan apakah kesamaan yang ada antara orang tuan dengan anak benar-benar disebabkan oleh pembawa sejak lahir karena adanya fasilitas atau hal-hal lain yang dapat memberikan dorongan ke arah kemajuannya.

2.      Pendirian Empiristik dan Environmentalistik

Pendirian ini berlawan dengan pendapat nativistik.Para ahli berpendapat bahwa pertumbuhan individu semata-mata tergantung pada lingkungan sedang dasar tidak berperan sama sekali.

Jadi menurut pendirian ini menolak dasar dalam pertumbuhan individu dan lebih jauh menekankan pada lingkungan dan konsekuensinya hanya lingkunganlah yang banyak dibicarakan.Sehingga dapat dikatakan bahwa pendirian ini pada hakikatnya adalah kelanjutan dari paham emperisme.

3.      Pendirian Konvergensi  dan Interaksionisme
Kebanyakan para ahli mengikuti pendirian konvergensi dengan modifikasi seperlunya. Suatu modifikasi yang terkenal yang sering di anggap sebagai perkembangan lebih jauh. Kosep konvergensi ialah konsepsi interaksionisme yang berpandangan dinamis yang menyatakan bahwa interksi antara dasar dan lingkungan dapat menentukan pertumbuhan individu .

4.      Tahap Pertumbuhan Individu Berdasarkan Psikologi
Pertumbuhan individu sejak lahir sampai masa dewasa atau masa kematangan itu melalui beberapa fase sebagai berikut :

a. Masa vital yaitu dari 0,0 sampai kira-kira 2,0 tahun
b. Masa estetik dari umur kira-kira 2,0 tahun sampai 7,0 tahun
c. Masa intelektual dari umur kira-kira 7,0 tahun sampai 13,0 atau 14,0
d. Masa sosial  umur 13,0 tahun atau 14,0 sampai 20,0 atau 21,0


a.       Masa Vital
Menurut Frued tahun pertama dalam kehidupan individu itu sebagai masa oral,kerena mulut di pandang sebagai sumber kenikmatan dan ketidaknikmatan.

b.      Masa Estetik
Kata estentik di artikan bahwa pada masa ini pertumbuhan anak yang terutama adalah fungsi panca indra.Dalam masa ini pula tampak munculnya gejala kenakalan yang umumnya terjadi antara umur 3,0 tahun sampai 0,5 tahun.Anak sering menentang kehendak orang tua,kadang menggunakan kata-kata kasar,dengan sengaja melanggar apa yang dilarang dan tidak melakukan apa yang seharusnya untuk dilakukan.

c.       Masa Intelektual
Setelah anak melewati masa kegoncangan yang pertama, maka proses sosialisasinya telah berlangsung dengan efektif.
Ada beberapa sifat khas pada anak-anak pada masa ini antara lain :

1.      Adanya korelasi positif yang tinggi antara keadaan jasmani dengan prestasi sekolah.
2.      Sikap tunduk kepada peraturan-peraturan, permainan yang tradisional.
3.      Adanya kecenderungan memuji diri sendiri.
4.      Amat realistic, ingin tahu, ingin belajar.

d.      Masa Remaja
Masa remaja merupakan masa yang banyak menarik perhatian masyarakat karena mempunyai sifat-sifat khas dan yang menentukan dalam kehidupan individu dalam masyarakat.
Pada dasarnya masih dirinci kedalam beberapa masa,yaitu:

1.      Masa Pra Remaja
Masa ini ditandai oleh sifat-sifat negative sehingga disebut juga masa negatif

2.      Masa Remaja
masa remaja ialah terjadi proses perkembangan meliputi
perubahan-perubahan yang berhubungan dengan perkembangan psikoseksual, dan juga terjadi perubahan dalam hubungan dengan orangtua dan cita-cita mereka, dimana pembentukan cita-cita merupakan proses pembentukan orientasi masa depan.

3.       Masa Usia Mahasiswa
                                             Masa umur mahasiswa dapat digolongkan pemuda-pemuda 
                                            yang berusia sekitar 18,0 tahun sampai 30,0 tahun.Mahasiswa
                                            ini termasuk kelompok khusus dalam suatu masyarakat maka
                                           mereka mulai mempersiapkan diri untuk menerima tugas-tugas   
                                          pimpinan dimasa yang akan dating.Mahasiswa akan mengalami
                                           perubahan secara perlahan demi sikap hidup yang idealistic ke
                                            sikap hidup yang realistik.
  1. FUNGSI KELUARGA

Keluarga adalah unit/satuan masyarakat yang terkecil yang sekaligus merupkan suatu kelompok kecil dalam masyarakat.Kelompok inilah yang melahirkan individu dengan berbagai macam bentuk kepribadiannya dalam masyarakat.Keluarga sudah sering kali kehilangan peranannya,oleh karena itu keluarga dan proporsi yang sebebnarnya dengan skala prioritas yang pas.

 Keluarga biasanya terdiri dari suami, istri, dan anak-anaknya.Anak-anak inilah yang nantinya berkembang dan mulai bisa melihat dan mengenal arti diri sendiri,kemudian belajar melalui pengenalan itu.

Keluarga sebagai kelompok pertama yang dikenal individu sangat berpengaruh secara langsung terhadap perkembangan individu sebelum maupun sesudah terjun langsung secara individual masyarakat.

A.      Pengertian Fungsi Keluarga
Fungsi keluarga adalah suatu pekerjaan-pekerjaan atau tugas-tugas yang harus dilaksanakan didalam atau oleh keluarga itu.

B.      Macam-macam Fungsi Keluarga
Pekerjaan-pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh keluarga dapat digolongkan atau dirinci kedalam beberapa fungsi, yaitu :

a. Fungsi Biologis
b. Fungsi Pemeliharaan
c. Fungsi Ekonomi
d. Fungsi Keagamaan
e. Fungsi Sosial


3.   INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

1.       Pengertian Individu
Individu merupakan sebutan yang dapat menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas.

2.       Pengertian Keluaraga
Ki Hajar Dewantara  sebagai tokoh pendidikan berpendapat keluarga adalah kumpulan beberapa orang yang karena terikat oleh satu turunan lalu mengerti dan merasa berdiri sebagai satu gabungan yang hakiki, esensial, enak dan berkehendak bersama-sama memperteguh gabungan itu untuk memuliakan masing-masing anggota.

3.       Pengertian Masyarakat
Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma, adt istiadat yang sama-sam ditaati dalam lingkungannya.


Vivi Anggraini
Sumber : Modul ISD UG











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun

Pagi itu melewati kota ini tak pernah terbayangkan sebelumnya, mobil bak yang saya dan kawan-kawan tumpangi lajunya diperlambat agar d...